Empat Langkah Jitu Meningkatkan Traffic Blog

Salah satu keluhan para blogger adalah mengenai traffic blog. Ini memang kenyataan yang pahit, padahal kita sudah fokus dengan blog kita, mengisinya dengan konten-konten yang unik, tapi pengunjung tak kunjung ramai. Terlebih bagi kita yang ingin membuat blog ini dengan tujuan komersil, seperti pemasangan iklan.

Sebenarnya kita hanya butuh kesabaran dan keuletan di dalam membangun sebuah blog yang menarik banyak pengunjung. Intinya kita fokus dengan konten blog, usahakan posting yang bermanfaat bagi khalayak umum. Seiring berjalannya waktu, pengunjung pasti akan ramai dengan sendirinya.

Disini saya akan memberikan sedikit tips untuk meningkatkan traffic blog yang mungkin masih jauh dari harapan. Namun tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Langkah Pertama: Membuat Killer Articles
Cukup menghabiskan waktu selama satu jam per hari untuk meneliti, bereksperimen, dan menulis sebuah killer articles yang biasa disebut juga dengan linkbaits, artikel pilar, artikel utama, atau sebagainya.

Usahakan untuk menulis artikel jenis ini minimal satu kali dalam seminggu. Jika kamu tidak mengerti dengan istilah killer articles, killer articles adalah sebuah artikel yang panjang dan terstruktur yang bertujuan utnuk menarik pembaca yang potensial. Contoh, jika blog kamu tentang web design, kamu bisa menulis artikel dengan judul "100 Sumber Inspiratif untuk Desainer"
  • membuat daftar angka yang menarik pada judul
  • menulis tutorial yang terinci untuk mengajarkan orang sesuatu
  • memberi solusi bagi masalah umum yang berkaitan dengan niche blog kamu dan menulisnya tentang hal ini
  • menulis sebuah analisis yang mendalam tentang topik tertentu yang orang lain tidak menganalisisnya secara dalam
Langkah Kedua: Buat Jaringan
Jaringan sangat penting, terutama bagi kita yang baru memulai ngeblog. Hanya membutuhkan waktu tak lebih dari 30 menit per hari untuk membuat jaringan dengan sesama blogger, kamu bisa melakukannya dengan cara:
  • komentar pada blog lain yang memiliki niche yang sama
  • dapatkan backlink pada niche blog yang sama
  • berinteraksi dengan para blogger di niche yang sama melalui email, YM, atau Twitter
Langkah ketiga: Promosi
Promosikan killer articles atau artikel utama kamu yang telah dibuat pada langkah pertama diatas. Setiap kali kamu mempublikasikan artikel jenis ini, usahakan agar orang tahu, terutama orang-orang yang ada dalam jaringan niche kamu. Kamu bisa melakukannya dengan:
  • membiarkan orang-orang dalam jaringan tahu tentang hal itu, jangan mengemis untuk minta sebuah backlink
  • jangan berlebihan dalam urusan SEO, biarkan blogger dan webmaster tahu dengan relevan tentang hal ini
  • dapatkan teman untuk membagikan artikel ini ke situs sejenis social bookmarking
  • posting artikel di forum online
Langkah Keempat: Rutin Menulis Posting Seperti Biasa
Sama seperti manusia, hidup tidak hanya makan makanan utama saja, seperti nasi atau roti, setiap harinya kita pun perlu cemilan untuk mengisi perut. Sebuah blog pun sama, hidup tidak hanya dari artikel utama/killer articles saja, postingan seperti biasa dibutuhkan agar orang-orang tahu bahwa blog ini rutin di update. Misalnya, kita memposting killer articles setiap hari sabtu dan posting normal setiap hari senin sampai kamis. Biar tidak jenuh, boleh diberi libur beberapa hari tidak menulis postingan.

Beberapa ide menulis postingan yang normal seperti biasa:
  • buat link disetiap postingan kamu yang tertuju ke postingan kamu yang lainnya atau ke blog kamu yang lainnya, tentunya dengan bahasan yang sejalan
  • tulis yang mendorong pembaca untuk dipersilahkan bertanya pada form komentar yang bertujuan untuk berdiskusi
  • bold tulisan yang dirasa penting agar pembaca lebih mengerti tentang pembahasan dalam posting tersebut
[source]

    Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

    0 Response to "Empat Langkah Jitu Meningkatkan Traffic Blog"

    Post a Comment